Saturday, November 26, 2011

OpenVPN connected tapi gagal connect ke VPN

Beberapa waktu lalu, gw menginstall openvpn untuk keperluan koneksi ke jaringan VPN kantor. Setelah bersusah payah men-setting openvpn (dengan menyediakan file config.ovpn, sertifikat ridwan.key, ridwan.crt) akhirnya gw berhasil tersambung ke jaringan VPN kantor.

Sayang beribu sayang, walaupun dinyatakan telah tersambung ke jaringan VPN kantor, gw ga bisa mengakses database server maupun aplication server. Gw coba ping X.X.X.X dan hasilnya adalah selalu request timed out. Akhirnya gw iseng membuka log openvpn. Dan di sana dikatakan "ROUTE: route addition failed using CreateIpForwardEntry: One or more arguments are not correct.   [if_index=21]".

Akhirnya mencari ke internet, dan berdasarkan penerawangan mbah Google, didapatlah 2 halaman yang memberikan solusi serupa (halaman ini dan ini). So ternyata yang perlu dilakukan hanyalah menambahkan 2 line berikut ini di file configuration file (ovpn file)
route-method
exeroute-delay 2

No comments: