Thursday, May 17, 2007

Sayangnya, saya kuliah tidak dengan beasiswa

Mr X said: pak/mas saya pengen nanya dong, gimana dulu bisa dapet beasiswa ke jerman, saya mahasiswa XXX YYY dan juga pengen nerusin kuliah ke jerman, udah cari cari informasi tapi masih rada belum yakin nih...

Oknum Z wrote: Mas kuliah, dapet beasiswa ato biaya sendiri? dan prosesnya gmana? boleh dong bagi2 cerita :D
Itulah dua email yang mewakili satu jenis pertanyaan dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan kepada gw. Pada intinya satu, menanyakan "bagaimana caranya mendapat beasiswa untuk kuliah ke jerman". Dengan senyum lebar dan menggeleng keheranan, gw pengen menjawab, "apa ada stempel DAAD scholar di jidat gw? Ato scholarship receiver?". Tapi tentunya dengan sikap cool dan santai gw ngejawab, "wah maaf, kebetulan saya selalu ditolak waktu mengajukan beasiswa.". Yaa emang begitulah kenyataannya, gw kuliah di sini dengan dibiayai orang tua gw (Ya Allah ampuni dan berikan keselamatan kepada mereka..Aamiin).

Yaaa, emang sih ga pantas kalo gw marah dan gw hampir ga pernah marah, kecuali satu pas lagi bete n sibuk eh...ditanya yang kayak beginian. Bikin gw tambah bete aja. Gw cuma heran, kenapa gw selalu ditanya begitu ya? Apakah temen-temen yang lain juga ditanya seperti itu? Biasanya sih itu sering kali jadi basa-basi tapi please deh....itu kan dah basi ^^. Dan ternyata, paling ga ada seorang temen gw yang juga mengalami hal yang sama. Dialah "Singa". Pernah suatu ketika, di saat gw sedang main di tempatnya, dia berkata dengan kesel, "Gw heran, Wan! Kok temen-temen gw sukanya nanya tentang beasiswa ke gw. Emangnya gw tukang ngasih beasiswa ato tukang kasih informasi?". Hehehe...ternyata gw juga mengalami hal yang sama...Yah nasib ^^

Namun, di lain pihak gw juga mikir. Apa begitu susahnya ya untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa? Apakah Indonesia ga punya sebuah institusi khusus, di mana semua siswa, pelajar, murid, calon mahasiswa, mahasiswa ataupun pekerja dapat mengetahui informasi tentang beasiswa? Setahu gw sih ga ada. Yaa, anda bisa berargumen bahwa institusi itu ada, tapi paling gak setahu gw, ya ga ada. Jadi teringat waktu dulu kuliah di bandung. Seorang temen saya berangkat ke jepang karena mendapatkan beasiswa. Waktu itu dengan agak kesel, gw berkata pada diri sendiri, "Punya informasi kok ga bagi". Lha, jelas dong..gw ngomong di belakang, abis kalau ngomong di depan ntar bakalan dibilangin, "Salah sendiri! Ada informasi tapi ga dicari.". Lagian, masa temen mau berangkat, gw ajak berantem. Kan ga lucu, ntar traktiran keberangkatannya batal. Hehe..the need of traktiran pawned all..

Namun ternyata, walaupun, sekali lagi..setahu saya, tidak ada institusi khusus yang menginformasikan tentang beasiswa, tetap saja kita bisa mendapatkan informasi itu dari tempat lain. Contohnya dari Internet, yaitu milis beasiswa. Dulu saya mengejar beasiswa-beasiswa, yang tidak pernah saya dapatkan T_T namun temen-temen saya malah dapat, dari milis ini. Dan ternyata masih banyak kok peluang untuk mendapatkan informasi ini dari internet, tinggal bertamu ke bang Google, nanya aja ke dia, "bang tolong cariin informasi tentang website dengan kata kunci beasiswa dong! Ga pake ba, bi, bu atau "cepe dulu dong!" seperti pa Ogah, langsung aja dia cariin. Kalau perlu tambahin sekalian negara tujuan supaya bang Google bisa ngasih info lebih jitu. Selain itu, tinggal datang ke kampus, temui dosen-dosen yang dulu deket (makanya deketin dosen jangan cabut mulu dari kuliah...) trus tanya-tanya apa punya koneksi ataupun informasi buat beasiswa. Beres toh....

Yaa, tapi itu kan teori. Kalau mau mudah, yaa seperti yang dilakukan oleh beberapa orang yang kukenal. Tanya. Simpel kan! Begitu tahu ada temen yang berangkat ke luar negeri buat ngelanjutin pendidikan, segera hubungi kemudian berbasa-basi lalu bertanya "Kamu punya informasi buat beasiswa di sana?". Namun, kalau hal itu ditanyakan ke gw, gw bakal bilang, "Sayangnya, saya kuliah di sini tidak dengan beasiswa...."

Aachen, 17 Mei 2007

9 comments:

Anonymous said...

Wew.... sabar atuh say. Namanya orang2 itu lagi usaha :p kekekekek... kalo ada lagi yang nanyain, sekarang kan tinggal kasih link blog elo yang ini. Biar dia baca sendiri :p kekekkekeke.... kalo masih bandel, kirim ke gw aja. Biar saya yang ngurus. Tapi di pilah dulu atuh, kalo ce cantik, modis, dan keren, boleh deh. Tapi kalo co, hmmm... elo kirim aja ke Dayat kali ya :p hmmm... jadi inget, gimana kabarnya tuh orang ya???
Anyway... mudah2an skrg ga ada lagi yang nanya ttg beasiswa bos :D

Ismail Habib said...

Banyak juga yang nanya ke aku Om...

"Ke Belanda dapat beasiswa apa?"

Seringnya sih jadi sedih kalo ditanyain itu karena dulu daftar sana-sini ga dapet-dapet dan ujung-ujungnya nyusahin ortu...

Akhirnya jawab:

"Beasiswa paling keren di dunia. Jumlahnya nggak dibatasi, nggak ada aturan macem-macem. Kalau kurang bisa minta nambah. Nggak pake syarat IP, TOEFL, ato prestasi apapun"

Anonymous said...

ahhahahaha..... standar man, emang gw jg dulu sering ditanya begituan......

tinggal dijawab aja baek2, mas,atau mbak, saya ga dapet beasiswa dari DAAD, tapi dibayarin sctv sebagai duta tim putri duyung.....

wekwkwkkwekekeek

Unknown said...

To Willy: mau enaknya aja lo! hehehe
To Habsq: setuju bos!! emang keren abis
To bangjamz: siakek...beasiswa putri duyung pula...

Anonymous said...

Mas, ke jerman dapet beasiswa apa sih? gimana caranya? mau dong dibagi infonya...

*buru2 kabur keburu disambit sepatu ama read1...

Unknown said...

@Goio
Makan nih sepatu!!!!

huehehehhehe

Beni Suryadi said...

oh, gitu yak?
emang gimana sih tip2 nya biar bisa dapat beasiswa kayak mas?

=D

Unknown said...

Ciaatttt sekali lagi kurapal jurus sepatu terbang ^^

Anonymous said...

Yes!!.. Benx, sekarang kita dapat 2 buah sepatu .. sepasang sepatu! hohohohoho...

*jabat tangan sama benx, mengagumi ide brilian kita...