Sunday, March 25, 2007

Kok belum kelihatan bahwa elo anak informatik?


"Tapi wan, gw belum ngeliat tanda di website ato blogspotmu yang menunjukkan bahwa kamu anak informatik.", kira-kira begitulah yang dikatakan oleh seorang sahabat gosipku di sini.

Sebuah kalimat yang terlontar saat kami ngobrol tidak karuan sesudah pengajian jumat kemaren. Sahabatku itu tidak mempunyai tendensi apa-apa saat melontarkan kalimat itu. Dan seperti biasa, dengan sebuah argumentasi yang mungkin gak kuat, gw berhasil menghindari pernyataan itu ^^.

Tapi sedikit banyak, apa yang dikatakan oleh sobatku itu menggelitik pikiran di malam ini. Apa sih yang telah kulakukan atau kuhasilkan sehingga gw ini pantas disebut sebagai anak informatik? Sangat mengganggu karena setelah kupikir-pikir, kok gak ada ya yang bisa kusebutkan?

Pertanyaan itu kembali menyusupi ke sela-sela pikiranku setelah membaca blogspot teman-teman malam ini. Setelah membaca dan memberikan komentar terhadap artikel yang menyoroti penelitian di Indonesia, gw coba untuk membaca artikel yang disarankan oleh Alfin dalam salah satu balasan komentarku. Di situ Mr. Hamming mengungkapkan bahwa seorang saintis yang besar adalah seseorang yang bekerja pada persoalan yang penting di bidangnya. Bahkan beliau sempat berkata kepada rekan-rekannya "If what you are doing is not important, and if you don't think it is going to lead to something important, why are you at Bell Labs working on it?'' (jika apa yang kamu lakukan tidak penting dan tidak akan membawamu kepada sesuatu yang penting, mengapa kamu mengerjakannya di Bell Labs -- salah satu pusat riset terkenal di New Jersey, USA).

Hmm...bener-bener persoalan yang menarik dan menggugah pikiranku. Apa yang sudah kulakukan ya? Penting gak ya? Dan mengapa tetap kulakukan?

Saat ini gw kuliah di RWTH Aachen mengambil program Master of Science di bidang Informatik. Apa gw pengen ngelanjutin ke S3 ya? Kalau iya, kelihatannya pertanyaan sobatku itu perlu gw jawab lain kali dengan lebih baik lagi. Bahkan tidak hanya dengan sebuah jawaban ambigu apalagi palsu, tetapi dengan sebuah bukti yang dapat membuat sahabatku berkata, "Kamu emang bener-bener anak informatik".

Aachen, 25 Maret 2007
sambil menunggu pergantian jam winter ke sommer.

persembahan bagi ayah-bunda Naura Rei Jatmiko...

Omong-omong kenapa ga ada posting baru tentang thesis ya? Ops, not a good progress I suppose T_T

5 comments:

Anonymous said...

gile sobat lo pasti orangnya keren abis!!

Anonymous said...

tolong tanyakan pada sobat anda,
gejala-gejala informatik itu seperti apakah?
ada rumusnya juga to?
- tn -

Ismail Habib said...

postingan Mas Ridwan sangat "informatik" sekali loh... mana ada orang yang ngga "informatik" nulis postingan seperti Mas Ridwan ini :D

Anonymous said...

ha..ha..tul tuh kata habib.
btw ditunggu lo postingan tentang framework yg lagi Om bangun.

Unknown said...

ok postingannya akan ditulis, segera...
masih belum mulai2 nulis juga nih..payoyeh amboo....T_T